Kegiatan Machetar yang dilaksanakan secara online di Youtube.

   

Dalam rangkaian HUT Puspanegara yang ke-71 tahun, Rohis Darussalam SMA N 5 Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Tabligh Akbar yang bertajuk MACHETAR (Mache Tabligh Akbar) dengan mengangkat tema “Kurangi Insecure Perbanyak Bersyukur”. Kegiatan Machetar dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 pukul 15.30 WIB. Dalam kondisi pandemi Covid-19, maka kegiatan Tabligh Akbar ini dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di youtube Mache Channel.

   Dalam kegiatan Machetar kali ini, Rohis Darussalam menggandeng Gus Miftah dan Habib Sayyidi Baraqbah sebagai Pemateri. Dalam memandu acara, Hidam siswa SMA N 5 Yogyakarta kelas XII dipercaya sebagai MC dengan ditemani oleh Bang Dalil sebagai Moderator. Kegiatan ini dibuka dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Tsaniya Kamal dari kelas XI dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA N 5 Yogyakarta Ibu Fadiyah Suryani, M. Pd. Si. Acara inti diawali dengan pemaparan materi dari Habib Sayyidi Baraqbah dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Gus Miftah. Kegiatan Machetar berlangsung kurang lebih selama 1 jam 20 menit.

   Dalam pemaparan materinya, Habib Sayyidi Baraqbah menegaskan bahwa manusia tidak perlu merasa insecure, karena manusia diciptakan Allah SWT dalam bentuk yang terindah. Untuk mengurangi ketidakpercayaan diri adalah dengan cara perbanyak bersyukur, mengingat nikmat yang ada di dalam diri sendiri sehingga bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Sedangkan Gus Miftah dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa segala sesuatu Allah SWT berikan kelebihan. Sehingga kita tidak boleh insecure dengan kekurangan yang kita miliki. Jika insecure dibiarkan maka dampaknya akan terlalu tinggi. Insecure yang berlebihan dan tak kunjung diatasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental. Cara mengatasi insecure antara lain tidak membanding-bandingkan diri dengan yang lain, kurangi penggunaan media sosial, cari lingkungan yang positif serta self love atau mencintai diri sendiri. Kemudian bagaimana empat hal ini membuat kita untuk mensyukuri atas apa yang diberikan oleh Allah SWT dan jangan sampai kita menjadi pribadi insecure yang berlebih-lebihan.

   Mengangkat tema yang menarik dan relate dengan keadaan generasi muda saat ini, acara Live Streaming Machetar ini menarik antusias dari banyak pihak. Dalam kegiatan Machetar, para pemirsa juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pemateri melalui tautan yang sudah disediakan oleh panitia. Penonton Live Streaming tidak hanya datang dari warga SMA N 5 Yogyakarta namun juga masyarakat umum. Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM yang terdampak pandemi covid-19, Machetar juga memberi wadah bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk UMKM. Donasi dapat dilakukan melalui scan barcode yang ada di layar video Machetar maupun dengan klik tautan yang sudah disediakan di description box.

   Meski kegiatan Live Streaming Machetar 2020 sudah berakhir, namun video kegiatan Machetar masih dapat disaksikan melalui channel Youtube Mache Channel. Hingga saat ini (Red: artikel ditulis tanggal 23 September 2020) video Machetar sudah mendapat lebih dari 3000 kali penayangan di youtube.

Hubungi Kami
Alamat Sekolah
  • Jl. Nyi Pembayun No.39, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
  • info@sman5yk.sch.id
  • (0274) 377400
Denah Lokasi
Puspanegara
Puspanegara
Sekolah Unggulan Terakreditasi A Berbasis Afeksi Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang senantiasa memiliki akhlak yang mulia" Trus Hakarya Ruming Praja".
Agenda Sekolah
  • Kelender Sekolah
  • Ujian Sekolah


All Rights Reserved By Puspanegara SMA Negeri 5 Yogyakarta © Copyright 2020.