“Bu Nyai” Antar Nayla Raih Medali Perunggu

     “Seribu Arti Kegigihan Bu Nyai” judul feature karya Nayla Syarifah Hiefra telah mengantarnya meraih medali perunggu pada Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2021. FeLSI merupakan ajang  bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Kemendikbudristek dengan  Pelaksana tugas (Plt.) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), yang baru dilaksanakan pada tahun 2021 ini mengangkat tema “Indonesia Bangkit, Literasi Pulihkan Negeri”.

 

     FeLSI menghadirkan 75 finalis dari 3 cabang lomba yakni Features, Fotografi, dan Cerpen. Masing- masing cabang lomba 25 siswa yang sebelumnya diseleksi dari 3.206 siswa pendaftar. Finalis tersebut telah mengikuti seleksi tahap final yaitu penilaian karya baru dan wawancara, dan menghasilkan peraih juara pertama, kedua, dan ketiga. Juri FeLSI terdiri dari unsur akademisi, praktisi, dan profesional di bidangnya.

 

     Juri cabang lomba menulis Features, mengakui bahwa mereka mendapatkan kesan luar biasa melihat karya-karya peserta lomba. “Saya melihat peserta sangat luar biasa tidak patah semangat dan tetap terus berjuang meski di tengah pandemi untuk menghasilkan karya-karya yang terbaik. Jadilah agen perubahan sekecil apa pun karya yang kalian buat percayalah itu akan memberikan dampak yang luar biasa untuk Indonesia yang lebih baik. Tetap semangat dan selalu sehat,”  ujar Y.Enggar Susilo salah satu juri pada Acara Penutupan dan Penganugerahan FeLSI, Sabtu, 2 September 2021 secara daring..

 

     Perjuangan tiada henti meski diterpa pandemi itulah nilai-nilai yang diangkat oleh Nay, dalam karyanya. Lewat tokoh utama, Bu Nyai. “Kisah Bu Nyai mungkin hanyalah satu halaman tak bermakna dari catatan kehidupan. Namun, kegigihannya bekerja di tengah segala kekurangan dapat menjadi pelajaran bagi siapa saja yang terdampak pandemi. Para pekerja di berbagai sektor yang harus kehilangan mata pencaharian misalnya. Tanpa perlu menganggur, mereka dapat memulai pekerjaan yang hampir semua orang bisa melakukan, yakni berjualan”, salah satu kutipan featurenya.

 

     “ Apresiasi kami  sampaikan kepada orang tua dan guru yang mendukung dan mendorong semangat anak-anak untuk selalu berpikir positif, berkarya, dan berprestasi,” tutur Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Hilmar Farid, pada sambutan acara. Hal itu pula yang disampaikan oleh Nayla. “Saya mengucapkan terima kasih pada orang tua, guru pembimbing, dan seluruh warga sekolah yang telah mendukung keberhasilan saya” tutur pelajar kelas XII MIPA 4 ini.   “Semoga kemenangan ini dapat menjadikan saya lebih giat dalam mencari ilmu dan pengalaman, untuk terus menulis agar bermanfaat serta memotivasi orang lain. sehingga dapat berperan untuk Indonesia maju”, pungkasnya.  

 

Hubungi Kami
Alamat Sekolah
  • Jl. Nyi Pembayun No.39, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
  • info@sman5yk.sch.id
  • (0274) 377400
  • NPSN : 20403180
Denah Lokasi
Puspanegara
Puspanegara
Sekolah Unggulan Terakreditasi A Berbasis Afeksi Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang senantiasa memiliki akhlak yang mulia" Trus Hakarya Ruming Praja".
Agenda Sekolah
  • Kelender Sekolah
  • Ujian Sekolah


All Rights Reserved By Puspanegara SMA Negeri 5 Yogyakarta © Copyright 2020.

×

INFORMASI SELAMA PANDEMI COVID-19

Selamat Datang di Layanan Daring Perpustakaan SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Informasi Lebih lanjut,

Silahkan Hubungi Pada Jam Kerja SENIN - JUM'AT

× Layanan Daring Perpustakaan