KINARA KILAU  PUSPANEGARA,  MEMUKAU

0 Comments

Jumat,  2 Februari 2024 Lapangan SMAN 5 Yogyakarta  menjadi magnet  bagi warganya. Pasalnya pagi itu seluruh kelas XII menampilkan tarian-tarian cantik nusantara yang sangat memukau para penonton.Bertajuk “KInara Kilau Nusantara Puspanegara “ sebagai bentuk ujian praktik seni tari kelas XII Ankatan 72 ini digawangi oleh Ibu Diah Purwandari, M.Pd. yang telah membimbing dan mendampingi para siswa sejak   beberapa minggu lalu.Rangkaian tarian nusantara tersebut merupakan pagelaran budaya  yang  menampilkan delapan kelompok sesuai jumlah paralel  kelas XII, Angkatan 72 Puspanegara  dengan mengusung tema-tema unik dan menarik disajikan dengan cantik sesuai tema umum “ “KInara Kilau Nusantara Puspanegara
Tari Renjana Swarnadwipa  dari kelas XII MIPA 5 mengawali pertunjukan. Renjana memiliki makna menarik dan gembira, sedangkan Swarnadwipa bermakna Sumatra. Tarian tersebut mengolaborasikan  gerakan yang lincah, enerjik, serta gemulai dengan nuansa keberagaman yang kental mampu menghipnotis para penonton. Dipentaskan secara kelompok maupun massal dengan iringan musik yang ritmis dan dinamis memadukan instrumen musik khas Melayu membangkitkan kebahagiaan penikmatnya. Kelas XII MIPA 6 mengusung Samsara Tarian Dayak sebagai temanya. Dengan iringan  empat  lagu, Flying High, Sink, Ruang Waktu, dan Ampar-Ampar Pisang  mereka memadukan keharmonisan  antara tradisi dan modernitas. Sentuhan segar seni tari suku Dayak tersebut melahirkan koreografi yang memikat hati. Dengan gerak lemah lembut penuh hormat berlanjut gambaran tentang keanekaragaman budaya Melayu serta perkembangan kota Pontianak. Suasana kota  yang senantiasa ceria dan gembira digambarkan melalui bentuk tarian yang lincah dan memikat perhatian. Sebuah seni tari yang bernafaskan Melayu Kalimantan berjudul Kala Nrita Malayu ditampilkan  para siswa kelas XII IPS 2. Sementara itu, kelas XII MIPA 1 menekankan pada integrasi dan perpaduan elemen-elemen tari tradisional dari Jawa Timur dan Madura dalamsebuah karya tari kreasi yang inovatif. Rasika Dwipa  merupakan The Dance Fusion of Jawa Timur and Madura yang memadukan  tari  Ngganong , sebuah gambaran  patih muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, dan sakti. Tari Eblas menggambarkan gadis-gadis madura yang cantik, feminim, luwes, lincah, dan ceria., Tari Gandrung menggambarkan aksi penyelamatan sisa rakyat yang telah dibantai habis-habisan oleh Kompeni. Sedangkan Tari Pecut mengandung filosofi proses perjalanan manusia nantinya yang  akan mengalami kegagalan maupun kesuksesan dalam hidup ini.

Kahiji  Kabudayaan dipersembahkan para siswa XII MIPA 2. Tari-tarian berlatar kesenian Betawi dan Sunda dibuka dengan tari Rampak Jimbe yang merupakan garapan stella project. Disusul  tarian Gajak Gijik  dari DKI yang memuat ragam gerak tari topeng cokek, silat, rapat nindak dan kewer. Termasuk  tari ondel-ondel yang menjadi ciri khas kebudayaan betawi. Tampilan diakhiri tari Mojang Priangan yang berembrio seni tari Jaipong. Dari tanah Betawi terbang menuju Sulawesi bersama XII IPS 1. Mari Jo Torang Ba Uni merupakan rangkaian tarian asal daerah Sulawesi. Banyak nilai dan fisosofi dari Lagu-lagu yang mengiringinya, di antarnya Si Patokaan yang rancak ditampilkan oleh para penari. Dua penampil terakhir yaitu kelas XII MIPA 3 dengan memilih “Padma Smara Ring Dwipa Dewata”. Sesuai  tajuknya tarian yang dipersembahkan berasal dari Pulau Dewata  meliputi tari Pendhet, Janger yang tentunya iringan musiknya sangat familiar bagi siapa pun pecinta seni. Pada pertunjukan tersebut juga menyuguhkan sendratari mini kisah Ramayana.  Pertunjukan diakhiri dengan tarian dari ujung timur Indonesia. Etaweri To Nu Papua.  Sebuah tarian kolosal yang rancak, dinamis, dan ritmis mampu mengundang pesona para penonton. Para penari dengan penuh enerjik mengekspresikan jiwa dan rasa, dengan hentakan-hentakan kaki maupun vokal khas Papua. Antusiasme para penari  menyiratkan makna bahwa mereka benar-benar menghayati setiap gerakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829